Header Ads

Polemik Live Youtube Pendaftaran Paslon, Lumanauw : Pastinya Kami Tidak Berpihak


Editorial.com, minut : Klarifikasi di layangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut) terkait Proses Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang di siarkan Live Streaming.

Hal ini dilakukan pasca pemberitaan terkait adanya waktu pendaftaran salah satu pasangan calon yang terpotong dan dinilai ada keberpihakan.

Dari penjelasan Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw, Minggu (1/9/2024), ada dua sarana live streaming yang digunakan pihaknya yaitu Facebook dan Youtube.

" Kami tidak tau ada yang terpotong yang disiaran Youtube tapi itu bukan sengaja, sama sekali tidak ada niat atau tindakan melakukan keberpihakan," kata Lumanauw.

Lumanauw mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan EO dan karena adanya banwitch dari Youtube yang indikasinya tidak stabil sehingga mengakibatkan putusnya penyiaran yang sedang berjalan di Youtube.

" Jadi tidak ada yang disengaja, ini murni karena jaringan. Pastinya peristiwa ini bukan karena disengaja," tegas Lumanauw.

Sementara di siaran Live Facebook menurut Lumanauw dapat disaksikan tidak ada yang terpotong.

" KPU Minut juga menyimpan Arsip seluruh rekaman secara utuh pada saat pendaftaran kedua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara," urainya.

Terkait peran pemberitaan lewat media, Lumanauw yang juga cukup lama menjadi wartawan ini sangat berharap media mampu menyampaikan informasi yang menyejukan.

 " Mengedepankan prinsip asas penulisan coverboth side dalam menghadirkan berita menjadi harapan kami. KPU Minut juga tidak anti kritik kami, meski di beberapa media terkesan menyudutkan KPU," sebutnya. 

Meski demikian Lumanauw juga mengapresiasi jurnalis yang selama ini menjadi mitra kerja dalam pemberitaan terkait pelaksanaan tahapan Pilkada dan juga kinerja KPU Minut.

" Kita sejatinya menghadirkan kesejukan di masyarakat. Semoga teman teman jurnalis akan menempatkan pemberitaan sesuai kaidah kaidah jurnalistik," pungkas Lumanauw.

 (Day)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.