Header Ads

Awasi Pilkada, Bawaslu Manado Buka Penerimaan PTPS

 


Manado ESC - Bawaslu Manado telah membuka penerimaan pengawas TPS (PTPS) yang akan bertugas di 677 tempat pencoblosan pada 27 November nanti. 

Penerimaan itu sudah dimulai dengan pengumuman dan sosialisasi kepada Panwascam dan Panwaslur, tentang cara pembentukan PTPS, sebab nanti penerimaan akan dilakukan di kelurahan-kelurahan dalam pengawasan Panwascam dan Bawaslu kota. 

Ketua Bawaslu Manado, Brilliant Maengko, SE, ME, mengatakan, bahwa penerimaan sudah dimulai dengan sosialisasi kepada seluruh tokoh masyarakat, adat, pemuda, dan masyarakat luas, sehingga diketahui dan banyak yang tergerak untuk bersama menjadi pengawas melalui tahapannya. 

"Pengumuman sekaligus penerimaan berkas dan pemeriksaan kelengkapannya dan dilakukan bersamaan pada 12 sampai 28 September 2024 ini," kata Maengko. 

Dia mengatakan, seperti pada tahapan penreimaan PTPS pemilu, sama juga tahapannya, yakni penelitian berkas, pengumuman, wawancara hingga nanti dinyatakan lulus, pada 23 - 25 Oktober nanti, dan masih ada juga tahapan penggantian, jika calon ternyata kemudian tidak memenuhi syarat, karena laporan atau tanggapan masyarakat. 

"Yang pasti pada 27 November nanti semua TPS akan punya pengawas yang akan mengawasi jalannya pemungutan, penghitungan hingga rekapitulasi suara hasil pemilihan kepala daerah Manado," kata Maengko.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.