Header Ads

Akhirnya KPU Tetapkan Jumlah DPT Pilkada 342.542 Orang

 


Manado ESC - Diawasi ketat dan dikuliti oleh Bawaslu, terkait status pemilih yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat, di hampir semua kecamatan, akhirnya  KPU Manado menetapkan jumlah DPT Pilkada sebanyak 342.542 orang, yang akan memilih di 87 kelurahan. 

Pemilih tersebut, nanti akan menggunakan hak pilihnya di 677 TPS yang tersebar di Manado, dalam pengawasan 677 PTPS pada 27 November nanti. 


Ketua KPU Manado, Ferley Kaparang, yang didampingi ketua divisi SDM, Ramly Pateda, data Ismail Harun dan teknis Hasrul Anom, menegaskan, bahwa semua PPK sudah menyampaikan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan dan termasuk hasil perbaikan setelah pleno kecamatan terutama yang menjadi rekomendasi Bawaslu Manado dan jajarannya, yakni Panwascam dan Panwaslur. 


"Dengan menyelesaikan rekapitulasi untuk Kota Manado, kami sudah menyelesaikan semua tahapan terkait DPT, dengan jumlah tersebut, KPU sementara melakukan sinkronisasi data di Sidalih," Kata Kaparang. 

Disisi lain, ketua Divisi Data KPU Manado, Ismail Harun, menjelaskan, sebelumnya DPS yang ditetapkan adalah 343.932 orang dan dalam DPT berkurang menjadi 342.542, artinya ada selisih 1.390 orang. 

Selisih tersebut ditemukan dari hasil verfak, dan ditetapkan tidak memenuhi syarat, juga karena ada tabrak data sehingga potensi kegandaan ketahuan dimana ada yang sudah meninggal, pindah memilih, menjadi anggota TNI/Polri, berada di luar Manado dan lainnya.

Mengenai Lokus, Ismail Harun menjelaskan, sudah ditetapkan bersama sebanyak 455 pemilih, dari yang sebelumnya 359, ada pertambahan memang berdasarkan koordinasi dengan pihak Lapas Tuminting Manado. 

Sementara Pimpinan Bawaslu Manado, Abdul Gafur Subaer, yang memimpin tim pengawas mengatakan, KPU menetapkan DPT Pilkada, namun tetap diawasi, dari sisi prosedur karena ada beberapa hal yang menjadi catatan saran perbaikan untuk segera ditindaklanjuti. 


"Saran perbaikan kami minta harus ditindaklanjuti KPU Manado, sampai tingkat kecamatan dan kami tunggu jawabanya sampai Kamis, yang menjadi materi rata-rata adalah status pemilih, karena ada verfak yang dilakukan langsung jajaran kami dan karena ada potensi kegandaan di Manado,"katanya.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.