Header Ads

Waspada DBD, Dinkes Pemkab Minsel Himbau Giatkan 3 M

dr. Wiwin Opod, 


Minsel, ESC - Curah hujan dengan intensitas tinggi belakangan ini harus diwaspadai oleh seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan dan Pemerintah. Bukan hanya siaga terhadap potensi bencana alam, tetapi juga ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).


Berbicara terkait musim hujan, maka  kewaspadaan kepada penyakit demam berdarah dengue (DBD) sebaiknya perlu ditingkatkan, terutama kepada anak-anak sebagai kelompok rentan. DBD adalah penyakit yang cenderung meningkat selama musim hujan. Sebab, pada musim hujan ada banyak bermunculan genangan air tempat berkembangbiaknya nyamuk Aedes aegypti pembawa virus dengue.


Mengantisipasi timbulnya penyakit – penyakit tersebut,  Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan lewat Dinas Kesehatan ( Dinkes) Minsel kembali menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan dengan

melakukan  3 M (Menguras, Menutup dan Menimbun).



Kepada Media ini Jumat (05/07/2024), Kepala Dinas Kesehatan Minsel dr. Wiwin Opod, menjelaskan masyarakat juga dihimbau melakukan tindakan pencegahan lainnya, seperti selalu mengganti air misalnya di vas bunga, mengecek tatakan dispenser dan kulkas serta membersihkan saluran air.


“Memakai kelambu atau memasang kawat kasa di ventilasi agar nyamuk tidak masuk kamar atau ruangan,” ucap Wiwin.


Dengan melakukan fogging atau pengasapan dr. Wiwin Opod menyatakan, itu bukan penanganan dan pencegahan utama, karena tindakan fogging hasilnya tidak signifikan, bahkan akan membuat nyamuk resisten (kebal dan tidak mati karena fogging), serta dapat mencemari lingkungan.


“Selain itu fogging memang membunuh nyamuk dewasa tetapi tidak berpengaruh pada jentik nyamuk yang menjadi sumber masalah utama,” ujarnya.


DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini dibawa atau ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang suka hidup ditempat-tempat gelap, di tempat banyak baju kotor (sehabis pakai) digantung, serta di genangan-genangan air bersih.(Steven Paat)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.