Header Ads

Ini isi Obrolan Bawaslu Manado-Awak Media di Ngopi Bareng

 


Manado, ESC Menyoal pelantikan pejabat definitif,  pemutakhiran data pemilih hingga pemanfaatan fasilitas negara, bagi petahana yang akan maju, dalam Pilkada  November 2024, menjadi perbincangan hangat, dalam obrolan bersama yang digelar Bawaslu bersama pekerja media, Rabu. 

"Kami baru saja, bertemu dengan BKPSDM Manado,  menanyakan perihal pelantikan pejabat yang dilakukan, belum lama ini, sebab dilakukan di waktu dua bulan menjelang penetapan pasangan calon yang jatuh pada 24 September 2024," kata  Ketua Bawaslu Manado, Brilliant Maengko, membuka perbincangan dengan para awak media, di Sekretariat Bawaslu Manado.

Sambil mengajak awak media menikmati kopi dan kue yang disiapkan, Maengko menjelaskan, bahwa dari pertemuan dengan BKPSDM itu, terinformasi bahwa pelantikan itu sudah mendapatkan persetujuan dari Mendagri. 


Namun dia menegaskan, bahwa Bawaslu, tetap akan melakukan konfirmasi kembali ke Kemendagri untuk memastikan keakuratan informasi dari Pemkot Manado. Apalagi saat ini Pemkot sedang menyiapkan pelantikan pejabat lainnya untuk pengisian lowong, namun masih menunggu persetujuan Kemendagri juga. 

"Untuk saat ini jawaban dari badan kepegawaian Manado, kami pegang sebagai kebenaran sambil menunggu hasil konfirmasi ke Kemendagri," kata Maengko. 

Dia mengatakan jika mengacu pada UU nomor 10 tahun 2016, maka sangat fatal sanksi bagi yang melanggar, karena jika petahana yang melakukannya, maka akan dihukum dengan membatalkan pencalonannya, dan itu sudah pernah terjadi.

Hal lain yang mengemuka adalah pemutakhiran data pemilih. Saat ini KPU kembali melakukan penyesuaian, sebab ada data baru yang diturunkan dari pusat, sehingga membuat PPK juga bekerja ekstra, dan Bawaslu pun melakukan pengawasan ekstra. 

Hal-hal lain yang mencuat adalah pemanfaatan fasilitas negara oleh kepala daerah maupun kepala daerah, yang akan maju dalam kontestasi Pilkada. 

"Jika memang Wagub menggunakan fasilitas yang ada, itu masih sah-sah saja, menurut saya. Karena kan saat ini masih menjabat dan belum ada penetapan calon pula, jadi masih bisa menggunakan fasilitas yang disiapkan," kata wartawan Martino Limpong, menyahuti pertanyaan awak RRI Manado, Roy Pessak.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.