Header Ads

Gubernur Olly Dondokambey Hadir di Paripurna Istimewa DPRD Manado

 

(LIPSUS)

Manado ESC - Berbagai prestasi kota Manado, disebutkan oleh Ketua DPRD Manado, saat gelaran paripurna istimewa dalam rangka memperingati HUT ke 401 ibukota Sulawesi Utara itu, Senin siang. 

Sebelum mengangkat berbagai prestasi kota Manado, Ketua DPRD Dra. Aaltje Dondokambey, M.Kes, Apt, menjelaskan, sejarah singkat berdirinya kota Manado, sampai menjadi ibukota provinsi sekarang. 

Secara singkat Ibu Al, menjelaskan, hari jadi Kota Manado yang ditetapkan pada tanggal 14 Juli 1623, merupakan momentum yang mengemas tiga peristiwa bersejarah sekaligus yaitu tanggal 14 yang diambil dari peristiwa heroik yaitu peristiwa Merah Putih 14 Februari 1946, Kemudian bulan Juli yang diambil dari unsur yuridis yaitu bulan Juli 1919, yaitu munculnya Besluit Gubernur Jenderal tentang penetapan Gewest Manado sebagai Staatgemeente dikeluarkan, dan tahun 1623 yang diambil dari unsur historis yaitu tahun di mana Kota Manado dikenal dan digunakan dalam surat-surat resmi. 

"Berdasarkan ketiga peristiwa penting tersebut, maka tanggal 14 Juli 1989, dan jadi peringatan HUT Manado," kata Ibu Al. 


Sementara prestasi kota Manado, mulai disebutnya, pertama masalah sampah yang mulai teratasi, menjadi bersih dan nyaman, draniase perkotaan yang diperbaiki dan normalisasi sungai sehingga bisa mengatasi banjir dan genangan air di setiap musim hujan. 

Lalu katanya, pemasangan lampu jalan dan pengaktifan lampu jalan yang sudah tidak berfungsi sehingga kota menjadi indah dan cantik, serta meminimalisir kriminalitas di malam hari, serta mengembalikan fungsi TKB sebagai ikon kota Manado sehingga bisa dinikmati masyarakat. 

Juga ada perbaikan dan peningkatan administrasi surat menyurat yang makin baik dan efisien. infrastruktur yang terus diperbaiki dan transportasi yang terus diperbaiki. Ada juga pembangunan ruang terbuka publik, dengan adanya ruang terbuka publik yang dapat dilihat pada pembangunan MBW dan Manado bay yang membantu UMKM tumbuh. 

Sementara Wali Kota Manado, Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota Richard Sualang serta jajaran Pemkot Manado dan TP PKK, yang hadir menyampaikan terima kasih pada semua warga dan jajaran DPRD, serta mengajak terus membangun Kota Manado.

 


Diapun menyebutkan satu indikasi kemajuan kota Manado, yakni PDRD yang naik menyentuh angka Rp 105 Juta perkapita pada 2023 dari sebelumnya Rp 96 juta perkapita pada 2022. 

Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang hadir didampingi ketua TP PKK Ir. Rita Maya Dondokambey - Tamuntuan, memuji pemerintah kota sambil berpamitan pada warga Manado, karena menjadi waktu terakhirnya hadir dalam paripurna HUT Manado sebagai kepala daerah. 

"Sebab saya harus melepas jabatan sesuai dengan perintah undang-undang," katanya.(Dims)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.