Header Ads

Bupati Franky Hadiri HUT Desa Mopolo Esa dan Bagikan Bantuan Bagi Warga Minsel


Minsel, ESC - Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH, Menghadiri Ibadah Syukur dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-14 tahun Desa Mopolo Esa, yang dilaksanakan di Balai Desa Mopolo Esa Kecamatan Ranoyapo, Senin (29/07/2024).


Dalam Ibadah Syukur tersebut menjadi Khadim Ibadah Bpk. Pdt. Dantje Nelwan, S.Th, selaku Gembala GPdI Elshadai Mopolo yang membuka dengan ibadah awal kegiatan HUT desa Mopolo esa. 


Momentum Hari Ulang Tahun Desa Ini diharapkan Dapat Dijadikan Sebagai Sarana Dalam Menyatukan Langkah Seluruh Warga Masyarakat Dalam Ikatan Kasih Dan Persaudaraan Maka Setiap Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Dapat Terlaksana Demi Kemajuan Bersama.


Melalui Berbagai Program Sosial Kemasyarakatan Yang Dilaksanakan Oleh Pemerintah Daerah Telah Memberi Dampak Yang Positif Bagi Masyarakat Yang Dapat Dilihat Dari Beberapa Indikator Keberhasilan Diantaranya; Pertumbuhan Ekonomi Daerah Yang Mengalami Kenaikan Dari 5,41% Di Tahun 2022 Menjadi 5,54% Di Tahun 2023 Serta Jumlah Penduduk Miskin Sebesar 9% Di Tahun 2022, Turun Menjadi 8,89% Di Tahun 2023.


Berbagai Program Strategis Bagi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat yang Telah dilaksanakan Di Tahun 2023 Dan Akan Terus Dilanjutkan Di Tahun 2024 Ini, Antara Lain: Insentif Bagi Para Tokoh Agama, Insentif Bagi Lansia, Hibah Rumah Ibadah, Bantuan Biaya Pendidikan Atau Beasiswa, Serta Pembangunan Infrastruktur Dan Pengembangan Di Sektor Pertanian, Pendidikan, Kesehatan, Pariwisata Dan Sektor-Sektor Lainnya .



Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH., dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam Syukur Hut Ke-14 Desa Mopolo Esa tentu prestasi serta Capaian telah dilakukan dan kedepan perlu ditingkatkan lagi, ada banyak Potensi Potensi yang harus digali , dikelola dan ditindaklanjuti oleh Pemerintah desa. 


"Biarlah Kearifan Lokal yang ada di desa Mopolo Esa ini tetap dipelihara dan ditingkatkan juga potensi yang ada di desa ini harus digali agar dapat dikelola dengan baik agar bisa mendapatkan capaian prestasi," ungkap FDW.


Lebih lanjut Bupati Franky Donny Wongkar, menambahkan bahwa kita tengah menghadapi Persoalaan kebangsaan salah satunya adalah masalah Pangan Olehnya Pemerintah selalu menganjurkan untuk adanya makanan pendamping beras Seperti jagung, Ubi, Pisang, dan Sukun karena di Kabupaten Minahasa Selatan Konsumsi beras lebih banyak daripada Produksi beras apalagi lahan lahan pertanian untuk sawah Sudah Alih komoditi. 


"Marilah Kita manfaatkan lahan lahan pertanian ataupun perkebunan yang ada. dan Marilah kita jaga Bersama Keamanan dan Ketertiban juga kebersamaan yang ada agar dapat menjadi Contoh untuk Desa - Desa yang lain di kabupaten Minahasa Selatan," ujar Bupati FDW.


Dalam kegiatan ini juga Bupati Minahasa Selatan menyerahkan bantuan kepada korban bencana tanah longsor yang terjadi pada beberapa waktu yang lalu.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bappenda, Plt. Kepala Dinas Sosial, Plt. Kepala Dinas Kominfo, Camat Ranoyapo, Hukum Tua Desa Mopolo Esa bersama seluruh Perangkat Desa juga Kepala Balai Pelatihan Teknis Pertanian Provinsi Sulawesi Utara Bpk. Roin Saroinsong, SP., M.Si., Forkopimcam, Kepala Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Ranoyapo, Pimpinan dan Anggota BPD Desa Mopolo Esa, LPM, TP-PKK, para Mantan Hukum Tua Desa Mopolo Esa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Masyarakat Desa Mopolo Esa.(Steven Paat)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.