Header Ads

Pemkab Minsel Gerak Cepat Bantu Warga Terdampak Bencana Banjir di Desa Pinasungkulan dan Sinisir


Minsel, ESC - Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan mengambil sejumlah langkah cepat dalam menangani bencana banjir yang terjadi Kecamatan Modoinding.


Potensi hujan lebat yang melanda Kabupaten Minahasa Selatan yang terjadi di Kecamatan Modoinding tersebut, mengakibatkan sejumlah titik mengalami banjir yakni di Jaga 6, 8 dan 10 Desa Pinasungkulan serta di Jaga 1 Desa Sinisir pada Rabu (26/06/2024).


Kendati tidak menimbulkan korban jiwa, namun terdapat 31 Keluarga terdampak di Desa Pinasungkulan dan 5 Keluarga terdampak di Desa Sinisir.


Bupati Minsel Frangky Wongkar meminta seluruh jajaran fokus terhadap langkah penanganan jangka pendek. Di antaranya, memastikan keselamatan setiap warga, agar tidak ada korban jiwa jika sewaktu-waktu banjir kembali terjadi.


Selanjutnya terkait penyediaan kebutuhan konsumsi dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terdampak telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan di antaranya :


- Pemerintah Desa dan masyarakat melakukan pembersihan di lokasi kejadian.


- Pemerintah Kab.Minsel Kalak BPBD dan Kadis Sosial meninjau lokasi banjir.


- Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melalui BPBD dan Dinas Sosial memberikan bantuan peralatan dan logistik yang didampingi oleh Camat Modoinding dan Pemerintah Desa.


- TRC BPBD Minsel melakukan assesment lapangan.



Di samping itu juga, Bupati Minahasa Selatan Frangky Donny Wongkar,SH melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Thorie R Joseph,SH menyampaikan, Pihaknya sejak terjadinya banjir sudah berada di lokasi bekerja sama dengan pemerintah kecamatan dan desa, membantu evakuasi masyarakat. Dikatakannya, Pemkab masih terus memantau terhadap perkembangan banjir.


Kaban BPBD Thorie R Joseph,SH Menjelaskan, Korban jiwa dan korban luka tidak ada, sementara 31 Keluarga terdampak di Desa Pinasungkulan dan 5 Keluarga terdampak di Desa Sinisir.


“Kami selaku Pemerintah dan masyarakat terus berupaya melakukan pembersihan di lokasi kejadian. Selain itu, Kami Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melalui BPBD dan Dinas Sosial memberikan bantuan peralatan dan logistik yang didampingi oleh Camat Modoinding dan Pemerintah Desa.”


Kaban BPBD juga meminta agar masyarakat ikut serta membantu pada saat bencana, dengan memberikan informasi kejadian bencana ke BPBD atau Instansi terkait, Melakukan evakuasi mandiri, Melakukan kaji cepat dampak bencana, serta berpartisipasi dalam respon tanggap darurat sesuai bidang keahliannya.


Tak lupa Camat Modoinding Meyer Tigau menyampaikan bahwa, Satuan Kerja Pemerintah Kabupaten, terutama Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Selatan terus bersinergi untuk saling bahu membahu dalam upaya meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir di daerah kecamatan modoinding, pungkasnya.(Steven Paat)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.