Header Ads

KPU Manado: Ayo Daftar Jadi Pantarlih

 


Manado ESC - Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada), KPU Kota Manado, membuka penerimaan panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih), untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih. 

Penerimaan sudah diumumkan sekaligus dibuka, pada 13 Juni 2024,secara terbuka melalui berbagai platform media, sampai para tenaga adhoc di kelurahan. 

"Kami sudah menyampaikan kepada masyarakat, bahwa penerimaan Pantarlih dibuka, dan sangat mengharapkan tanggapan positif, dengan mendaftarkan diri secara langsung, mulai 13 Juni dengan melampirkan semua persyaratan yang dibutuhkan," kata Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih SDM dan Parmas KPU Manado, Ramly Pateda, di The Sentra hotel, di bilangan jalan Ir. Soekarno, Kamis sore. 

Pateda yang didampingi Ketua Divisi Teknis, Hasrul Anom, dan PPK, Victor Lose, menjelaskan bahwa KPU membutuhkan 1.327 orang Pantarlih untuk melakukan tugas memastikan kecocokan data pemilih untuk pemilihan kepala daerah nanti. 

Mengenai waktunya, Pateda menjelaskan bahwa memang satu tahapan dengan beririsan, sehingga ketika pengumuman berjalan KPU sudah sambil menerima dan memeriksa berkas para Pantarlih, sehingga ketika batas waktu yang ditetapkan sampai maka yang diperlukan sudah siap. 

 Dia menyebutkan, penelitian berkas dilakukan sambil tetap menerima yang mendaftar paling lambat 17 Juni sedangkan proses lainnya juga sambil berjalan, seperti penelitian administrasi calon dan nanti  pengumuman pada 21 - 23 ajuni 2024. 

Mengenai syarat, mantan jurnalis di era awal 2000-an itu,  menyebutkan sejumlah hal yang wajib dipenuhi oleh calon, yakni surat pendaftaran, fotocopy KTP-el, lalu fotocopy ijazah SMA sederajat atau ijazah terakhir, termasuk  pas foto berwarna ukuran 4x6, surat pernyataan, surat keterangan berbadan sehat dari Puskesmas, RS atau klinik, melampirkan riwayat hidup dan surat keterangan kalo yang bersangkutan bukan anggota Parpol paling singkat lima tahun terakhir.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.