Header Ads

Bersumber dari DD Rp126 Juta, Pemdes Raanan Lama Bangun Jalan Kebun



Minsel, ESC - Demi mewujudkan Program Pembangunan desa, salah satunya dibidang akses jalur pertanian, Pemerintah Desa Raanan Lama Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan melaksanakan peletakan batu pembangunan akses jalan kebun Tangali, Selasa (04/06/2024).


Pembangunan Desa tersebut sesuai dengan spesifikasi dengan volume Panjang : 150 Meter, Lebar : 2,5 Meter, dan jalan tersebut menuju perkebunan Tangali.


Pembangunan tersebut direalisasikan melalui sumber anggaran Dana Desa (DD) tahun 2024 senilai Rp.126.795.000, dengan memberdayakan masyarakat sekitar sebagai tenaga kerja.


Hukum tua (Kumtua) Desa Raanan Lama Juel gideon Tuar S.Sos, kepada media ini mengatakan bahwa, Pembangunan jalan desa untuk akses perkebunan tersebut merupakan wujud kerja Pemerintah Desa terhadap kebutuhan masyarakat yang sebelumnya sudah direncanakan dan disepakati melalui Musyawarah Desa (Musdes).


 Sehingga melalui Dana Desa yang dikucurkan T.A 2024, Pemdes Raanan Lama merealisasikan anggaran tersebut pada akses jalan pertanian itu.


"Pembuatan jalan Rabat Beton tahun ini merupakan hasil kesepakatan melalui Musdes. Dan Puji Tuhan, saat ini pembangunan Jalan dengan Rabat beton tersebut sementara dikerjakan dengan tenaga kerja memberdayakan masyarakat setempat," ujarnya.


Dimana Lanjut Tuar, Jalan tersebut merupakan jalur yang memang harus segera diutamakan untuk dibangun, karena selain akses jalur untuk mengeluarkan hasil pertanian dari kebun, jalan ini juga yang sering dilalui warga yang mengeluarkan hasil pertaniannya.


"Dengan terealisasinya pembangunan jalan dengan Rabat Beton ini, bisa memberikan manfaat untuk warga Raanan Lama, sehingga sangat besar harapan, dengan kondisi jalan yang lebih baik tersebut menjadi salah satu faktor pendukung masyarakat yang mayoritas para petani untuk mendongkrak roda perekonomian," tutup Tuar.(Steven Paat)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.