Header Ads

259 PPS Resmi di Lantik Oleh KPU Manado

 


Manado, ESC - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado melantik 259 anggota Pantia Pemungutan Suara (PPS), Minggu di salah satu hotel di Manado.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Manado Ferley Kaparang bersama komisioner lainnya yakni Patricia Kuhu, Ramly Pateda, Hasrul Anom dan Ismail Harun mengatakan, pakta integritas yang dibacakan oleh PPS yang dilantik, tak hanya sebatas kiasan saja.


"Itu berurusan dengan integritas. Jadi harus resapi," pintanya.

Dia berharap jajaran di PPS bisa bersinergi serta menjaga kekompakan. Sebab, kerja-kerja tahapan pilkada, kata dia, tak mudah.


Kaparang mengungkapkan, pelantikan sebagai muara dari proses perekrutan tenaga adhoc yang diawali dengan tes CAT dan wawancara. 

Apalagi, pelaksanaan tugas PPS diawasi baik secara internal maupun oleh eksternal. 


Anggota PPS wajib  menguasai regulasi Pemilu. "Jangan sampai yang di luar penyelenggara yang lebih paham," katanya lagi. 

Terakhir, ia mengingatkan PPS agar menjaga nama baik. Jangan sampai PPS melanggar etika dan aturan. 

"Jaga integritas, etika sehingga nama baik institusi sebagai penyelenggara tidak tercoreng," katanya.

Kinerja PPS, lanjutnya, tak lepas dari pengawasan. Baik kinerja maupun pengelolaan keuangan. Untuk itu, diharapkan anggaran yang akan didistribusikan baik PPK maupun PPS agar dikelola dengan baik.

Terkait laporan pertanggungjawaban keuangan, itu jangan dimanipulasi atau rekayasa. Sebab akan diaudit. Ini selalu kami ingatkan. Ini uang negara. Kalau belum memahami, kita bisa fasilitasi di Kantor KPU Manado," jelasnya.

Ditambahkannya, ada banyak hal yang nanti akan ditemui dalam setiap tahapan pilkada. Oleh karena itu, integritas harus dikedepankan.


Sedangkan komisioner KPU provinsi Sulawesi Utara, Lanny Ointoe, yang hadir dalam pelantikan tersebut,  mengatakan, setelah pelantikan ini selesai, para anggota PPS tidak ada lagi waktu berleha-leha. 

"Karena sebenarnya sekarang tahapan Pilkada sudah berjalan. Dan yang terpilih maupun yang baru ini karena hasil evaluasi,  integritasnya sudah teruji, dari proses wawancara sampai saat ini," katanya. 

Ointoe juga menyampaikan ucapan selamatnya, kepada para PPS yang sudah dilantik, sambil mengingatkan mereka untuk bekerja dengan baik, dan mempertahankan integritasnya dengan teguh. 

Usai pelantikan itu, para anggota PPS itu, mendapat bimbingan dan sedikit pengarahan dari para komisioner, baik kota maupun provinsi, untuk bekerja dengan maksimal.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.